27/10/08

Touring Kuliner terbaik di Jakarta Utara

Super Kuliner

Warung Nasi Karawang “Ibu Hj. Rusmiati” Tanjung Priok.

Tanjung priok adalah salah satu bagian dari kota Jakarta Utara yang terletak di pinggir pantai berhadapan dengan Pelabuhan Internasional Tanjung Priok and Taman Rekreasi Keluarga “ Taman Jaya Ancol”.
Asal muasal Tanjung Priok sendiri tidak lepas dari kisah di jaman dahulu tentang seorang ulama dalam menyebarkan agama islam, di jaman sekarang ini Tanjung priok telah menjelma menjadi sebuah kota yang sangat padat dan memiliki aktifitas tinggi dalam menunjang perekonomian bangsa Indonesia, karena di sanalah terletak salah satu Pelabuhan laut terbesar di Indonesia dan Pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia, sebagai pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor maupun barang antar pulau..
Tanjung priok yang memiliki jumlah penduduk sekitar 311.440 jiwa (2005) dan dengan beragam suku bangsa dan agama memiliki banyak jenis ciri khas dalam kuliner yang mana tanjung Priok banyak sekali di singgahi oleh para pelaut-pelaut asing yang hanya sekedar turun untuk mencari hiburan makan atau pun hiburan malam yang bersifat prifasi.
Tepat di sebuah sudut Tanjung Priok yang beralamat di Jl. Mengkudu no. 65 lagoa terdapatlah sebuah panganan unik yang cukup melegenda yang memiliki ciri khas tersendiri sebagai salah satu keragaman kuliner disisi lain Tanjung Priok, yaitu Warung Nasi Karawang “ Ibu Hj. Karawang” yang berdiri sejak pertengahan tahun 1960 dan sampai sekarang yang masih berdiri dengan indahnya.
Rumah makan ini memang sudah terkenal sejak lama bahkan memiliki anekdot “kalo kamu ke priuk gak akan sah kalo belum ke warung karawang”. Sejak bedirinya sampai sekarang rumah makan ini selalu saja menawarkan menu istimewa nya yang banyak dikenal dengan sebutan Daging Empal goreng plus Sambel Goyang Karawang, kenikmatan dan kelezatan yang mereka miliki tidak pernah berubah meskipun sepeninggal yang tercinta Almarhumah Ibu Hj Rusmiati pada tahun 2007 lalu, Rumah makan ini di kelola oleh ketiga anaknya yang meneruskan usaha keluarga ini ke dalam dua cabang.
Rahasia makanan itu sendiri terletak pada pengolahan daging empalnya yang dapat memakan waktu sampai 6 jam lebih dan ditambah dengan pengolahan nasi pulennya yg membuat perut ini kekenyangan sampai sore hari, Sambelnya yang pedes membuat keringat meretas tiada henti..mantabbs!
Warung Nasi Karawang merupakan warisan dan ciri khas kuliner tersendiri yang sangat banyak di gemari baik itu oleh penduduk sekitar Tanjung Priok maupun dari penduduk Luar Tanjung Priok, menikmati hidanganya merupakan suata hal yang tidak pernah memiliki kebosanan. Sedikit heran saya paparkan juga disini, karena ketika saya berkunjung keluar kota ternyata mereka pun sempat menanyakan tentang keberadaan rumah makan ini yang mana mereka sendiri telah mendengar tentang kelezatan dan keramah tamahan rumah makan ini. Banyak menu yang dapat anda temukan di Rumah makan ini selain makanan khas mereka yaitu Daging Empal and Sambel Goyang Karawang,..rugi kali yah kalo kita mampir ke Tanjung Priok tapi kalo gak makan di Rumah Makan ini.
Ayo kapan lagi… makanan bukan hanya bisa berbentuk budaya tapi merupakan ciri khas dari keragaman Kuliner bangsa Indonesia.
Makan…makan…makan…yuuuuuuuuuuu!

Tidak ada komentar: